Selasa, 23 Agustus 2016

Perjalanan Menuju Hidup Sehat (Part 1) - Memilih Makanan Sehat & Mulai Berolahraga





Memilih Makanan Sehat & Mulai Berolahraga
















Hai :). Sudah lama ingin menulis tentang perjalanan menuju hidup sehat. Sekarang saat yang pas menurut saya untuk berbagi perjalanan menuju hidup sehat yang sudah saya jalani. Bermula pada Tahun 2014 dimana saya baru pindah ke unit baru. Saat itu ada tes darah yang sederhana di kantor. Dan saya cukup kaget dengan hasilnya. Hasilnya adalah kolesterol saya di atas normal,  gula darah saya di atas normal, kadar asam urat saya di atas normal dan tekanan darah saya rendah. Ya Allah. Saya cukup kaget dengan hasil tersebut karena selama ini saya tidak mengalami kelebihan berat badan atau keluhan-keluhan penyakit. Setelah mendapat penjelasan dari petugas yang melakukan tes, saya paham dan mengerti.

"Ibu suka begadang ya ?" . Tepat sekali pertanyaan sekaligus pernyataan petugas medis tersebut. Yap. Pola hidup atau gaya hidup atau istilah nge trend nya lifestyle yang saya jalanilah yang mempengaruhi itu semua. Akhirnya, saya browsing dan mencari-cari pola hidup sehat yang tepat untuk saya terlebih untuk makanan karena saya menderita penyakit maag yang cukup sering kambuh. Setelah mendapat inspirasi dari blogger yang saya ikuti salah satunya Andra Alodita, ide-ide dari Pinterest,  Buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar, dan Islamic Food Combining Book yang dapat diakses melalui Playstore, saya mendapat pola hidup yang sampai saat ini saya terapkan dan cukup berhasil meskipun kadang belum konsisten.

Pilihlah Makanan yang sehat

  • Pentingnya sarapan. Quote "Kita apa yang kita makan" menurut saya itu sangat benar. Setiap pagi saya sarapan dengan buah atau kurma didahului dengan minum madu atau madu yang saya campur dengan lemon (honey lemon shot). Setelah sekitar 1 tahun saya baru merasakan perbedaan pada diri saya. Maag saya sembuh dan sudah sangat jarang sekali kambuh. Alhamdulillah. 
  • Makan buah sebelum makan berat. Kondisi yang ada sekarang adalah buah sebagai pencuci mulut. Padahal buah adalah makanan yang paling cepat dicerna oleh lambung yaitu sekitar 15 sampai dengan 30 menit. Sehingga makan buah yang tepat adalah sebelum makan berat sebagai pembersih atau pembuka jalan bagi pencernaan kita untuk makanan berikutnya. Untuk mencuci mulut dapat meminum air putih. 
  • Minum Teh Hijau untuk detoksifikasi. Setelah makan siang, 1 jam setelahnya biasanya kita mengantuk atau saat-saat sore menjelang jam pulang kantor saat tenaga kita berkurang saat itulah saat yang tepat untuk minum teh hijau. Selain manfaatnya untuk detoksifikasi juga dapat menghilangkan kantuk alternatif pengganti kopi. 
  • Cemilan yang sehat. Bila lapar datang sebelum jam makan, pilihlah cemilan yang sehat seperti buah, granola, kacang-kacangan. Sekali lagi teman, kita apa yang kita makan. Jadi jangan mengeluh kita gendut kalau kita sendiri tidak menjaga asupan yang masuk dalam tubuh kita.
  • Rajin mencari cara diet yang tepat. Tepat 3 bulan sebelum saya menikah saya mengalami penambahan berat badan yang lumayan dalam sejarah kehidupan saya. Meskipun BMI saya masih ideal, rasanya kurang leluasa dalam bergerak. Akhirnya saya memutuskan mencari cara diet yang tepat, dan saya menemukan diet mayo adalah cara yang tepat untuk saya. Saya ikut katering diet mayo di Lessalt Diet. Instagramnya bisa diakses di @lesssaltdiet atau disini. Dan hasilnya dalam 2 bulan, berat badan saya sudah kembali ke berat badan yang saya inginkan. Saya rekomendasikan untuk teman-teman yang ingin diet mayo, carilah katering diet yang ada dokternya dan sudah direkomendasikan oleh beberapa pihak, agar hasilnya benar-benar sesuai. 

menu diet mayo dan kartu progress serta checklist do's & dont's selama diet 





Mulailah Berolahraga 

  • Mengajak teman yang satu visi untuk berolahraga. Kenapa saya bilang teman satu visi ? hehe. Karena menurut saya hal tersebut metode yang gampang untuk mendorong diri kita sendiri dan teman kita. Sau visi ingin sehat, satu visi ingin kurus *Oops.  Olahraga sendiri kadang terasa berat ya. 
  • Mulailah dari yang ringan dan rutin. Saya punya teman sekantor yang saya sebut dengan gank pertemanan sehat yaitu Rika dan Marisa. Istilah dari gank olahraganya Mba Dian Sastro tersebut sangat menginspirasi saya dan teman-teman saya. Kami mulai olahraga dengan lari sore saat pulang kantor setiap hari selasa dan jumat. 
  • Cobalah sesuatu yang berbeda. Karena saat itu saya menjalani diet mayo, dalam program tersebut saya juga dianjurkan untuk olahraga setiap hari. Akhirnya di sela-sela hari tersebut saya olahraga sendiri di kos dengan bermodal laptop dan youtube. Selain itu teman sekantor saya yang gemar nge gym mengajak saya untuk mencoba olahraga 20fit. Olahraga yang dikenalkan oleh Mba Andien ini juga menarik menurut saya. Selama 20 menit kita akan diarahkan oleh Personal Trainer dan tubuh kita dipasangi alat yang menggunakan teknologi Miha Bodytec. Menyenangkan sekali. Untuk lengkapnya tentang 20fit bisa dilihat di sini. 
Senang sekali bisa berbagi tentang perjalanan saya untuk hidup sehat. Karena tubuh yang sehat adalah investasi dan tubuh yang sehat patut kita syukuri dengan menjalani pola hidup sehat. Semangat teman-teman semua buat hidup lebih sehat. Tunggu tulisan berikutnya ya. Terima kasih


3 komentar:

  1. Ga pake infused water ya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ndak pake infused water mas, minum air putih yg byk aja sama makan buah

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus