Minggu, 27 Desember 2015

Follow Your Passion


FOLLOW YOUR PASSION BY MUADZIN F. JIHAD 

Kisah Perjalanan Manusia Memilih Hidup, Memenuhi Panggilan Hati



Follow Your Passion


Hai! Setelah 10 minggu tidak menulis di blog, akhirnya saya kembali menulis (terdengar klise haha). Ok. Kali ini saya mau me-review buku yang sebenarnya sudah lama saya baca, yaitu 2 bulan lalu dan masih terngiang-ngiang sampai sekarang. Follow Your Passion yang ditulis oleh Muadzin F. Jihad. Langsung aja ya. 

Buku ini saya dapat secara tidak sengaja waktu saya membeli buku online di bukabuku.com.  Yang membuat saya tertarik untuk membeli buku ini karena buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata dan pengalaman sang penulis sendiri.

Dibuka dengan Bab yang berjudul Kesimpulan. Hah ? kesimpulan, baru baca udah sampai kesimpulan. Iya, aneh memang. Tapi ada alasan kuat kenapa penulis membuat Bab ini menjadi Bab pembuka. Dan alasannya adalah karena penulis ini kita sebagai pembaca menyimpulkan bahwa penulis adalah orang yang biasa saja dan bukan orang hebat. Orang biasa yang hidup dalam passionnya. Jika penulis bisa, maka kita pun bisa hidup dalam passion kita. Quote yang paling ngena dari Bab awal buku ini adalah quote yang diambil dari film India 3 Idiots. Rancho mempunyai teman dekat yang sangat mencintai wild life photography, tapi dia dipaksa kuliah di jurusan Teknik Mesin oleh orang tuanya. Sang teman bertanya kenapa dia selalu bermasalah dengan nilai kuliahnya. Rancho menjawab, “ Karena mekanika bukan jiwamu. Kamu mencintai fotografi hewan liar, tapi menikahi mesin. Kenapa saya selalu jadi juara ? Karena saya mencintai mesin. Mekanika adalah jiwa saya” . Ngena banget. 

Next. Bab berikutnya penulis bercerita tentang kisah hidupnya. Mulai dari masa kecilnya. Ayahnya yang seorang pekerja keras, Ibunya seorang ibu rumah tangga yang tegar dan penyabar. Tidak ada pembantu,  tidak dibekali uang jajan, pekerjaan rumah dibagi rata kepada anak-anak, baru bisa menonton video sewaan kalau di rumah tetangga, dan kondisi sederhana lainnya yang kemudian membentuk pribadi dari penulis. Tumbuh menjadi anak pemalu, pendiam, introvert, bahkan cenderung minder. Namun ada nilai besar yang diajarkan orang tua penulis dengan kondisi “cukup” tersebut. Bersyukur. Ya. Harga diri seseorang tidak dilihat dari berapa banyak harta yang dimilki, tetapi dilihat dari kepribadian dan karakternya. Tidak pernah mengeluh, tidak pernah putus asa, tidak pernah mengemis. Hal tersebut menjadikan penulis dan kelima saudaranya lulus SMA dan masuk perguruan tinggi negeri. Penulis sendiri setelah lulus kuliah diterima bekerja di perusahaan asing bidang Engineering Oil & Gas. Pekerjaan idaman sekali ya. 

Tapi pekerjaan itu bukan idaman penulis. Cita-citanya setelah lulus kuliah adalah ingin punya usaha sendiri. Cuma mindset waktu itu adalah butuh modal besar dan koneksi yang luas untuk punya usaha. Well, akhirnya penulis mencoba untuk memulai usaha sampingan. Tapi hasilnya so so karena iseng-iseng berbisnis. Penulis sempat bergabung di bisnis Multi Level Marketing (MLM). Namun dikarenakan beberapa hal penulis tidak melanjutkan lagi. Dan dimulailah kehidupan layaknya “Zombie”. Bangun pagi, berangkat bekerja, pulang bekerja. Sempat mencari passion dengan belajar fotografi, belajar main saham, dan membuka beberapa bisnis setelah mengikuti training kewirausahaan bermodal pinjaman dari 5 bank sekaligus. Waaaw!. Dan usahanya tersebut tutup dalam waktu kurang dari enam bulan. Hmmmm. Tapi ada bisnis yang bermula dari ide iseng penulis dengan temannya yaitu membuka booth yang menjual kopi blend. Voilaaa… ternyata justru bisnis ini yang mengantarkan penulis untuk keluar dari perusahaan dan menekuni passionnya berbisnis. Semerbak Coffe itulah nama brand dari bisnis penulis. Well, ada quote dari Bob Marley yang menggambarkan kondisi penulis “ When one door is closed, don’t you know, another is open”. 

Itulah sepenggal kisah yang terdapat dalam buku Follow your passion. Dan masih banyak quote serta cerita dari penulis yang recommended banget buat dibaca, Terutama bagi yang masih ragu tentang mengikuti passion dan mau keluar dari comfort zone (termasuk saya haha). Jadi, Selamat Membaca ya..

Saya ambil beberapa quote dari buku ini yang ngena banget. 

“Passion is NOT what you are good at. It is what you enjoy the Most”
- Rene Suhardono 

“Listening to your heart is not simple. Finding out who you are is not simple. It takes a lot of hard work and courage to get to know who you are and what you want
- Sue Bender 

“A dream is just a dream. A goal is a dream with a plan and a deadline”
- Harvey Mackay 

“I have no failed, I have found 10,000 ways that do not work”
- Thomas Alva Edison 

“Sukses dan gagal itu seperti secangkir kopi, kenikmatannya hadir bersama warna hitam, rasa pahit dan getir. Tak bisa dipisahkan”
- Muadzin F. Jihad 

Temukan passionmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar