Sabtu, 30 Juli 2016

Mewujudkan Pernikahan Impian (Part 1) - DIY Packaging Souvenir Pernikahan

DIY Packaging Souvenir Pernikahan


Haloo. Beberapa hari ini, saya lagi rajin dan semangat ngeblog. Karena efek kehidupan baru setelah pernikahan, saya jadi rajin dan ingin berbagi terutama tentang pernikahan saya, baik pernikahannya maupun persiapan untuk hari pernikahan. Atas dasar rasa syukur saya kepada Allah SWT, saya ingin membuat pernikahan saya yang bisa dikatakan saya banget atau pernikahan yang sesuai impian saya dan suami.  Nah salah satunya yang kami persiapkan adalah souvenir pernikahan. 

Pemilihan souvenir pernikahan berdasarkan beberapa kriteria dan yang paling utama adalah bermanfaat dan bisa digunakan oleh tamu undangan saya. Setelah melihat dan survey kecil-kecilan dari pasar souvenir dan mengamati kehidupan sehari-hari, akhirnya saya menemukan pencerahan. Baik orang kantoran, ibu rumah tangga, anak-anak membutuhkan ini. Pilihan kami jatuh pada totebag atau saya sering menyebutnya tas teng-teng. Tas yang sering jadi tas penolong atau tas tambahan ketika tas utama kita tidak muat. Seperti tas untuk membawa bekal makanan, baju atau sepatu olahraga, mukenah dan keperluan lain. Setelah menemukan souvenirnya apa, kami menentukan siapa yang membuat dan bahannya apa. Karena kami menyukai hal yang sederhana, dan menjaga kelestarian alam (cieee), jadi kami pilih tas berbahan kain belacu. Saat mencari-cari vendor yang bisa membuat tas tersebut, kami mendapat pengarahan dan petunjuk dari Allah, calon suami saya waktu itu teringat pada Kakaknya sendiri yang punya usaha konveksi. Instagramnya bisa di cek disini @konveksi_kaos_hidayah. Kami pun memesan tas tersebut ke Kayak suami saya. Harganya santa affordable setelah kami cek pricelist vendor pembuat souvenir. 

Setelah pembuatan souvenir selesai, tahap berikutnya adalah packaging. Hasil mencari di pinterest menginspirasi saya untuk mengemas souvenir saya bertema rustic, sesuai dengan bahan souvenirnya yaitu kain belacu dan rencana pernikahan kami yang outdoor di taman. Berikut ini tutorial step by step dalam pengemasan souvenir pernikahan kami. 

Bahan & Alat yang dibutuhkan : 
1. Tas berbahan kain belacu bisa disablon sesuai tema ataupun quote yang diinginkan 
2. Kertas samson A4 tau F4 bisa dibeli di toko buku, saya membelinya di paperclip. Kertas dibagi menjadi 3 bagian portrait sehingga ukurannya menjadi sekitar panjang x lebar = 29,7 cm x 7 cm 
3. Tali rami bisa dibeli di toko buku, saya juga membelinya di paperclip. Tali dipotong-potong 30 cm. 
4. Tag tulisan terima kasih, bahannya kartas concord warna sesuai selera dan tema pernikahan ukuranya 5 cm x 5 cm 
5. Pulpen / brush marker untuk menulisi tag terima kasih, bisa juga di cetak, saya lebih memilih ditulis selain lebih hemat hehe, ditulis sendiri merupakan bentuk penghargaan untuk para tamu undangan dari kami. 
6. Lem kertas untuk merekatkan kertas samson 
7. Gunting 



Tahapan packaging :  

1. Masukkan tali tas kedalam tas 



2. Lipat bagian tas sebelah kanan dan kiri sama besar sehingga menutupi sablon untuk efek penasaran atau surprise 
 


3. Gulung tas yang sudah dilipat 


4. Tas yang sudah digulung agar tidak lepas gulungannya dilapisi dengan kertas samson, kemudian lem agar kertas tidak lepas 


5. Lingkarkan tali rami di atas bagan kertas samson dan masukkan tag. Kemudian ikat tali rami berbentuk pita 


6. Jadi dan siap di tata untuk diberikan pada tamu undangan 

Sekian sharing saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mewujudkan pernikahan impian. Jangan ragu untuk mewujudkan ide-ide kalian. Rajin browsing dan sharing dengan teman-teman sekitar kalian. Dan selalu berdoa pada Sang Pemberi Ide, Allah SWT. Selamat mencoba. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar