Minggu, 17 Mei 2015

Sukses Membangun Toko Online By Carolina Ratri

Minggu, 17 Mei 2015

Sukses Membangun Toko Online By Carolina Ratri 


Toko Online

























Tahun 2015 salah satu resolusiku adalah kembali membaca buku. Ya. Aku membuat target untuk
diriku sendiri, dalam satu tahun ini aku harus bisa membaca 24 buku (aamiin, semoga tidak hanya
resolusi hehe). Selain membaca aku ingin menambah value dengan menuliskan poin apa yang sudah
aku dapatkan dari buku tersebut. 


Kali ini aku mau mereview buku Sukses Membangun Toko Online yang ditulis oleh Carolina Ratri. Buku ini sudah selesai aku baca di Bulan Februari 2015. Dan akhirnya dengan niat dan semangat berhasil aku review sekarang. Berawal dari fenomena di kantor tempat aku bekerja. Hampir setiap orang bahkan teman-teman dekat di kantor, gemar atau suka berbelanja online. Termasuk aku, yang mulai suka belanja online sejak 2013 sampai sekarang. Banyak pertimbangan, dan yang utama adalah waktu, dengan belanja online kapan saja kita bisa memilih barang yang kita inginkan. Karena profesiku adalah banker yang fokus di Business Development segmen retail, rasa ketertarikan terhadap bisnis online mulai ada. Dari pembeli ingin belajar menjadi pelaku bisnis. 

Browsing dan membaca via dunia maya, semua hal tentang bisnis online, aku sempatkan setiap hari. Dan mulai follow orang-orang yg punya bisnis online sekaligus online store mereka di social media terutama instagram. Namun, tanpa adanya buku digenggaman rasanya kurang. Setelah muter-muter di Gramedia, akhirnya pilihanku jatuh pada buku ini. Alhamdulillah buku ini menjawab keawamanku soal bisnis online

Carolina berbagi dari hal yang sangat sederhana, misalnya apa itu toko online  dan kenapa kita lebih baik memilih membuka toko online daripada toko offline atau toko fisik. Hal yang membatasi kita sebagai pebisnis pemula adalah modal. Tanpa membutuhkan toko fisik, bisnis online lebih menarik untuk dijalani. Carolina juga menuliskan bahwa kita bisa memilih sistem yg butuh modal tidak terlalu banyak, contohnya sistem dropship. Selain modal, berbisnis membutuhkan promosi. Dengan toko online kita bisa melakukan promosi tiada batas yaitu 24 jam 7 hari seminggu kita bisa memilih yang gratis atau berbayar. Fleksibilitas dalam mengelola bisnis online, juga menjadi poin menarik. Pelaku bisnis online kebanyakan perempuan, hal ini dikarenakan waktu yg dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online lebih fleksibel sehingga tidak mengganggu aktivitas rumah tangga. 

Selesai dengan latar belakang mengapa bisnis online itu lebih menarik, masuk pada Bab berikutnya yang membahas hal-hal teknis persiapan toko online. Dari sini pertanyaan-pertanyaan tentang membangun bisnis online terjawab. Mulai menentukan sistem penjualan yang sering kit dengar seperti ready stock, purchase order (PO) dan dropship. Semua diungkapkan dengan bahasa yang sangat simple dan mudah dimengerti. Untuk produk yang ingin dijual, Carolina men-suggest untuk memilih produk yang paling kita minati misalnya termasuk dalam hobi atau passion kita. Poin penting selanjutnya adalah jangan lupa juga untuk memilih jasa pengiriman atau ekspedisi. 

Nah, berkaitan dengan branding hal pertama yang harus dipikirkan adalah nama toko. Simpel dan menarik. Setelah nama toko Carolina juga memberikan info yang sangat bermanfaat dan mudah digunakan menurut aku, yaitu logo toko. Jika kita kebingungan dengan membuat logo sendiri, kita bisa membuat logo dengan menggunakan logo generator online secara gratis. Wuii. langsung saya akses ke logotypemaker.com. Logo ini penting sebagai brand kita atau sesuatu yang mewakili boleh dibilang kita banget. 

Selanjutnya beranjak pada bab membuat situs web toko online. Banyak hal teknis diungkapkan di bab ini. Tutorial membuat websitenya jelas sehingga mempermudah pembaca dalam memilih apakah memilih membuat website sendiri atau membuat blog. Sebagai pemula, Carolina merekomendasikan untuk menggunakan Blogpsot, yaitu aplikasi blog milik Google. Karena dari aplikasi itu menggunakan account Gmail yang bisa di-connect-kan ke aplikasi Google yang lain sehingga optimal pemanfaatannya seperti Google+ , Google Drive dan lainnya. Bab ini lebih membutuhkan praktek langsung. 

Kesimpulannya buku ini sangat membantu aku yang awam tentang bisnis online. Selain tips-tips untuk melengkapi toko online kita seperti mempercantik website, kemudian memaksimalkan social media, tapi juga berisi hal-hal mendasar yang dibutuhkan para pebisnis online pemula seperti manajemen keuangan, serta motivasi-motivasi saat kita membuka toko online.

Terakhir, aku merekomendasikan buku ini untuk dibaca (dan dipraktekkan). Terima kasih Carolina Ratri sudah berbagi lewat buku ini :-) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar